Manfaat Bioteknologi

04.49 0 Comments

1.Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Kedokteran Manfaat bioteknologi digunakan dalam bidang kedokteran atau medis. Dalam bidang kedokteran atau medis, banyak obat-obatan yang memanfaatkan bioteknologi, misalnya insulin. Insulin dimanfaatkan untuk pengobatan diabetes. Selain itu, hormon pertumbuhan sebagai hasil dari pemanfaatan bioteknologi berguna untuk mengobati gangguan pertumbuhan dan mempercepat penyembuhan luka.
Dalam bidang kedoteran,bioteknologi memberikan metode baru dalam pembuatan vaksin untuk pencegahan penyakit, misalnya hepatitis B dan untuk membantu memeriksa penyakit yang diakibatkan virus serta kelainan yang disebabkan bawaan atau turunan.


2. Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Lingkungan
Manfaat bioteknologipun dimanfaatkan dalam bidangl ingkungan. Dalam bidang lingkungan,bioteknologi dapat membuka peluang baru dalam perlindungan lingkungan. Misalnya, bakteri yang dimanafaatkan untuk mengubah sampah organik menjadi produk yang lebih bermanfaat. Selain itu, bakteri sebagai manfaat biteknologi dapat digunakan sebagai pembersih tumpahan minyak di laut.

3.Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Produksi Makanan
Bioteknologipun dimanfaatkan dalam bidang produksi makanan. Dalam bidang produksi makanan,manfaat bioteknologi memiliki peranan penting dalam proses penyediaan bahan makanan, vitamin, dan enzim untuk mengolah makanan yang lebih banyak dan berkualitas.

4.Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Pertanian
Dalam bidang pertanian,bioteknologipun dapat diaplikasikan. Sekarang ini, para ilmuwan berhasil meningkatkan tampilan buah dan sayuran, memperpanjang waktu makanan untuk disimpan, meningkatkan kandungan nutrisi tanaman, dan membuat tanaman tahan terhadap penyakit dan hama.Pada masa yang akan datang, para ahli pertanian mengharapkan bioteknologi mampu menghasilkan tanaman yang tahan terhadap segala kondisi iklim, seperti iklim kering, iklim panas, ataupun dingin. Oleh karena itu,bioteknologi menjadikan petani mampu memanfaatkan tanah yang sebelumnya jarang diusahakan.Dengan memanfaatkan bioteknologipun, dapat dihasilkan tanaman yang identtik dalam waktu singkat. Selain itu, modifikasi tanaman hias membuka jalan untuk menghasilkan warna-warna yang tidak biasa sehingga mampu meningkatkan nilai varietas dan nilai ekonominya.

5.Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Peternakan
Bidang peternakan sudah memanfaatkan bioteknologi. Dengan memanfaatkan aplikasi bioteknologi,bidang peternakan akan menghasilkan ternak dengan kualitas yang unggul. Salah satu contoh ternak unggul hasil dari bioteknologi antara lain ayam penghasil telur, ayam penghasil daging, sapi pedaging, sapi penghasil susu, dan kambing penghasil daging.
Usaha memperbanyak ternak unggul tersebut menggunakan teknik kawin silang dan teknik kawin suntik atau inseminasi buatan. Dengan teknik inseminasi buatan, dapat dihasilkan keturunan sapi atau domba yang diharapkan tanpa mengenal sistem kawin serta tanpa melibatkan sapi atau domba jantan.
Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa bioteknologi memiliki manfaat yang sangat banyak.Manfaat bioteknologipun digunakan hampir di seluruh bidang, seperti kesehatan (kedokteran), pertanian, peternakan, indutri, danbidang-bidang lainnya.

Manfaat bioteknologi yang sederhana adalah penggunaan mikroba dalam proses pengawetan makanan, seperti pembuatan tempe, tape, cuka, dan lain-lain.Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan. Tak dapat dipungkiri bahwa bioteknologi memiliki peranan penting dalam kehidupan.



Copyright

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: